Khasiat Tidur Miring Ke Kanan Menurut Hadist dan Sains

Dikutip dari berbagai sumber, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk salat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu,” (HR. Al-Bukhari).

Dengan tidur dalam posisi miring ke kanan, memberikan manfaat untuk tubuh, salah satunya kesehatan jantung dan pencernaan.

Tidur Miring Ke Kanan

Tidur Miring Ke Kanan

Selain berfungsi untuk membuang racun di otak, posisi tidur miring ke kanan yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam juga baik untuk jantung serta pencernaan.

Dr. Zafir al-Attar menjelaskan, pada saat manusia tidur dalam posisi miring ke kanan ini, jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru kiri yang berukuran kecil. Posisi ini juga menempatkan hati pada posisi yang stabil.

Penelitian menunjukkan saat manusia tidur dengan menyamping ke kanan, makanan akan mampu dicerna oleh usus dalam waktu 2,5 hingga 4,5 jam. Akan tetapi, dalam posisi tidur yang lain, makanan akan selesai dicerna setelah 5 hingga 8 jam.

Dijelaskan pula bila seseorang tidur menyamping ke kiri, maka ini tidak baik untuk kesehatan, terutama organ jantung. Posisi tidur semacam ini, maka paru-paru sebelah kanan, yang berukuran besar akan menekan ke arah paru-paru. Ini berpengaruh terhadap kinerja jantung, khususnya mereka yang berusia lanjut.

Sumber : Okezone.com

Leave a Reply