Membedakan Aplikasi Yang Asli Dengan Kloningan

Pada era digital ini banyak sekali kemudahan yang kita dapatkan, dengan hanya duduk manis dirumah atau tempat kerja. Contohnya saja, ketika hendak berbelanja, melakukan pembayaran dari berbagai jenis transaksi. Banyak aplikasi-aplikasi yang menwarkan kemudahan transaksi tersebut. Tapi sangat disayangkan sekali banyak juga tangan-tangan usil yang membuat aplikasi kloningan untuk mendulang keuntungan yang diperlolehnya. Jadi pada kesempatan kali ini mau share cara Membedakan Aplikasi Yang Asli Dengan Kloningan atau aplikasi palsu.

Membedakan Aplikasi Yang Asli Dengan Kloningan

Membedakan Aplikasi Yang Asli Dengan Kloningan

Agar kamu tidak jadi salah satu korban dari penipuan ini, silakan perhatikan lima cara membedakan aplikasi asli dan palsu.

  1. Pastikan kamu mengecek pengembang dari aplikasi yang akan kamu unduh. Perhatikan kemiripan nama yang diusung. Jika kamu masih ragu maka alih-alih memasukkan nama aplikasi yang kamu butuhkan maka kamu bisa memasukkan nama pengembangnya. Nah dari situ Kamu bisa menyaring siapa pengembang yang memang betul-betul terpercaya.
  2. Periksa tanggal publikasi sebuah aplikasi dan pastikan Kamu melihat Updated On. Aplikasi yang palsu biasanya bertkamu Published On yang menkamukan bahwa aplikasi tersebut baru saja muncul di App Store atau Play Store. Hal ini berlaku bagi aplikasi belanja ternama yang memang sudah lama ada di dunia maya.
  3. Baca terlebih dulu secara cermat review atau ulasan dari aplikasi sebelum Kamu mengunduhnya. Pastikan aplikasi tersebut telah mendapatkan rating yang bagus serta komentar yang bagus dengan gaya bahasa yang berbeda-beda guna menghindari ulasan atau komentar dari pengguna bayaran.
  4. Pastikan aplikasi belanja atau perbankan Kamu memang betul-betul asli silakan Kamu kunjungi saja terlebih dulu situs belanja atau perbankan resmi yang dimaksud dan klik tautan yang mempromosikan Aplikasi Android atau iOS untuk situs belanja atau layanan perbankan bersangkutan.
  5. Sebelum Kamu melakukan transaksi perhatikan pula gaya bahasa yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Bandingkan bahasa yang digunakan pada situs resmi dengan bahasa pada aplikasi untuk memastikan Kamu tidak tertipu. Jika Kamu merasakan bahasa yang digunakan pada aplikasi merupakan hasil terjemahan mesin atau Google, maka ada baiknya Kamu menghindari menggunakan aplikasi tersebut sebagai sarana untuk bertransaksi belanja ataupun keuangan.

Jadi jangan sampai kamu jadi korban berikutnya ya? Be a smart buyyer. Jangan Hape aja yang smart.

Leave a Reply