Menyelamatkan Handphone Yang Terkena Air Hujan

Pada musim penghujan seperti sekarang ini adabainya mempersiapkan segala hal yang dapat menghidari basahan dari guyuran hujan. Mencari solusi untuk mengatasi apabila barang-barang kesayangan anda terhindar dari guyuran huda. Ini ada solusi jika Smartphone sudah terlanjur basah terkena air.

Jangan Nyalakan Handphone

Handphone jangan dinyalakan pada saat handphone dalam kondisi basah, ini dapat menyebabkan terjadinya korsleting pada komponen-komponen elektronikanya.

Cabut Baterai

Mencabut baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi di dalam ponsel. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan korsleting pada komponen elektronikanya.

Keringkan Ponsel

Apabila ponsel basah, maka keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel pada bodi ponsel. Lepas casing dan baterai, dan mulailah mengeringkan bagian dalam ponsel dengan tisu atau kain kering. Hindari menggunakan hairdryer yang bisa merusak komponen smartphone.

Gunakan Beras/Gel Silica

Beras berfungsi seperti gel silica, yakni menyerap kelembaban udara. Caranya, masukan handset yang basah ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh. Diamkan minimal selama satu hari. Penggunaan gel silica adalah yang paling efektif untuk mengeringkan, namun jika tidak ada bisang menggunakan alternatif dengan menggunakan beras.

Leave a Reply